Home Catatan HAM Mengenal Seputar KTT ASEAN

Mengenal Seputar KTT ASEAN

103
0

KTT ASEAN adalah singkatan dari Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi regional yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara, yaitu Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. KTT ASEAN merupakan pertemuan tahunan para pemimpin negara-negara anggota ASEAN.

KTT ASEAN bertujuan untuk membahas isu-isu penting dan mempromosikan kerjasama di antara negara-negara anggota dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, dan keamanan. Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi pemimpin ASEAN untuk membahas masalah regional dan mencapai konsensus dalam menghadapi tantangan bersama.

Agenda KTT ASEAN meliputi berbagai isu seperti integrasi ekonomi ASEAN, penanggulangan bencana alam, keamanan regional, perubahan iklim, pemajuan hak asasi manusia, dan kerjasama dalam bidang pendidikan dan budaya. Selain itu, KTT ASEAN juga sering menjadi forum untuk berdialog dengan mitra-mitra ASEAN, seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara di Asia Pasifik lainnya.

KTT ASEAN adalah platform penting dalam upaya memperkuat kerjasama regional di Asia Tenggara dan menjaga stabilitas politik serta kemajuan ekonomi di kawasan tersebut. Dan pada KTT ASEAN 2023 ini , Indonesia dipercayai sebagai tuan rumah dan diselenggarakan di Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Oleh: Wiwit Musaadah

Previous articleLembaga Peradaban Luhur (LPL) Bersama Padasuka TV Adakan Webinar Respon Kelompok Sipil Terhadap Hasil KTT ASEAN 2023
Next articleDaniel Awigra Kritisi KTT ASEAN di Labuan Bajo: ASEAN Tidak Mengindahkan Piagamnya Sendiri !

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here