Home Catatan HAM Asean Civil Society Conference 2023 Resmi di Buka

Asean Civil Society Conference 2023 Resmi di Buka

114
0

Asean Civil Society Conference ACSC/APF adalah forum yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat sipil di negara-negara Anggota ASEAN untuk memperjuangkan hak-hak manusia, perdamaian, keadilan sosial, dan pembangunan berkelanjutan di kawasan ASEAN. Konferensi ini diadakan secara periodik dengan tema tertentu yang berkaitan dengan isu-isu yang relevan dengan masyarakat sipil di ASEAN.

 

Lembaga Peradaban Luhur (LPL) berpartisipasi aktif dalam ACSC/APF 2023 yang diselenggarakan di Universitas Atma Jaya Jakarta Selatan pada 5-7 Mei 2023. Hal tersebut didelegasikan kepada Wiwit Musaadah koordinator Junalis LPL.

 

Dalam pembukaan acara Daniel Awigra dari HRWG mengatakan dalam sambutannya “Ini hanyalah awal dari solidaritas dan perjuangan kita, membela HAM sekaligus memperingati Reformasi di Atma Jaya, kita menyerukan Demokratisasi ASEAN”.

 

 

dilanjutkan oleh Rena Herdiyani dari Kalyanamitra, ia mengatakan “Pemimpin ASEAN harus mendengarkan suara rakyat akar rumput yang terkena dampak kebijakan ASEAN”.

 

 

Nono Sugiono dari Arus Pelangi juga menegaskan bahwa “Ini momentum bagi kita untuk memberikan rekomendasi baru bagi pemerintah & pembuat kebijakan untuk menjadikan kebijakan itu lebih humanis, demokratis, lebih setara dan adil lagi ke depannya”

 

Fatia Maulidyanti dari Kontras berharap CSO di ASEAN dapat berkumpul dan mengangkat tuntutan keadilan, pemberdayaan HAM, dan perubahan situasi sebagai tindakan nyata yang perlu diperhatikan secara serius.

 

 

Kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Pleno 1 dengan Jerald Joseph, Pusat KOMAS, Excom FA (Pelajaran dan penguatan keterlibatan dengan ASEAN menggunakan ACSC/APF).

Lalu Diskusi Tematik 1 membahas tentang Krisis Iklim dan Keadilan Lingkungan bersama Titi Soentoro (AKSI), Yuyun (Trend Asia), Kritsana Fuengdee (wanita petani dari Lower Northern Thailand), dan Rena Herdiyani dari Kalyanamitra sebagai fasilitator.

 

 

Previous articleLembaga Peradaban Luhur Ikuti Asean Civil Society Conference/Asean People Forum 2023
Next article6 Pembahasan Penting pada Asean Civil Society Conference/Asean People Forum (ACSC/APF) 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here